Sabtu, 10 April 2010

Buku Pengetahuan Paling JOROK Sedunia


Buku Pengetahuan Paling JOROK Sedunia
Bener-bener buku PALING JOROK deh! Buku ini merupakan debut edecomic pertama di dunia yang mengusung tema ‘fakta jorok’ mengenai manusia. Isinya iia gag jauh-jauh dari (maaf) kotor, bau, dan jorok.
Buku ini adalah hasil kolaborasi sang ahli mikroorganisme dan pelukis ternama di Korea. Yim Sook Young, lulusan S1 jurusan Biologi dan melanjutkan ke jenjang S2  jurusan Mikroorganisme di Universitas Goryo, Korea. Ia telah menulis beberapa buku ilmu pengetahuan untuk anak, sekaligus menjadi reporter di sebuah majalah ilmu pengetahuan anak di Korea. Kim I Rang, seniman lulusan Universitas Hong Ik yang suka berkhayal sambil mencorat-coret. Dan hasilnya, sudah banyak buku yang digambarnya hingga saat ini.
Ok, kita masuk ke daftar isi. Ada dua bab yang mencakup beberapa bahasan di buku ini. Bab satu adalah Kotoran: Dari Kecoa Sampai Makanan. Isinya yaitu kecoa, parasit, kutu, nyamuk, penyakit menular, uji coba ilmu pengetahuan, bakteri usus besar, toilet, lalat, senjata kimia hewan, plak, cara penyembuhan fantastis, kutu rambut dan dunia makanan yang aneh.
Sedangkan bab dua adalah Kotoran: Dari Ujung Rambut Sampai Ujung Kaki  yang terdiri dari jerawat, wasir, upil, kotoran, air liur, muntahan, kutu air, koreng, dahak, bau mulut, kaki, dan keringat, kotoran mata, sendawa, kotoran telinga, kentut, ketombe, dan air seni.
Yang menarik dari buku ini adalah penjelasan fakta-fakta di atas yang dikemas ringan dengan gaya narasi namun padat informasi dan didukung oleh gambar-gambar ‘jorok’, serta ada soal untuk bahan evaluasi. Edukatif bukan? Tidak hanya isinya saja yang menarik lho, namun bonus yang diselipkan juga oke punya. Gantungan untuk pintu kamar mandi yang memiliki dua sisi gambar; lagi mandi dan lagi BAB.
Buku yang dibuat tahun 2005 dan baru pada tahun 2010 diterbitkan oleh PT. Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia ini bisa didapatkan di Gramedia seharga Rp. 75.000. Tidak mahal bukan untuk buku seJOROK ini? :p
 (Cynthia Liona)

4 komentar:

Dicky Charlan mengatakan...

hehehe ..
beneran deh yang baca ini bakaln lebih ati2 n jaga kebersihan banget karena jadi tau kalo kuman2 penyakit ada dimana-mana n bakalan membahayakan manusia !!!
Tapi kalo buat yg jiji-an sana yg jorok2 mending jangan baca deh bakalan gak bisa makan soalnya !!!
kalo gue sihhh kalo makan tetepppp !!! HAJAAARRR !!
hahaha ...

andri mengatakan...

ahahahaha..
wasir, muntahan, koreng, dahak (sambil di bayangin)..
:p

Cynthia Liona mengatakan...

mamam tuh segala KOTORAN !

hhii :p

nurul mengatakan...

wow...
buku yg wajib dibaca niy...
yup, buku ini pasti berbicara ttg banyak fakta yang ada di sekitar kita... must have it ;)